Jika saya menjadi seorang auditor

Jika saya menjadi seorang Auditor, saya akan melakukan pekerjaan tersebut dengan selalu mematuhi kode etik seorang auditor yang independen. Tentu tidak mudah menjadi seorang auditor yang kompeten, banyak hal yang dapat menguji profesionalisme kita dalam menjadi auditor yang independen. Maka dari itu, dengan selalu mematuhi kode etik dalam setiap praktik, tindakan-tindakan kecurangan ataupun penyelewengan tidak akan terjadi.

Dalam melakukan pekerjaan sebagai seorang auditor saya akan menjauhi tindakan kecurangan, ketidak jujuran, dan kelalaian serta menggunakan kemampuan yang saya miliki dalam menjalankan tugas sebagai seorang auditor. Saya akan menjaga kerahasiaan informasi / data  yang diperoleh dan tidak akan memberikan informasi rahasia apapun kepada pihak lain dan saya akan memiliki kertas kerja audit dan mendokumentasikannya dengan baik.

Dalam upaya menjadi seorang auditor yang independen, saya juga akan memenuhi harapan masyarakat. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi harapan publik, yaitu :

1) fisik : dalam praktik kerja saya, saya akan lebih cenderung menggunakan software daripada menggunakan media kertas dengan upaya mengurangi penggunaan kertas yang dapat mempengaruhi pemanasan global.

2) Moral : sebagai auditor yang independen, saya akan bertindak jujur, adil, dan transparan dalam semua hal.

3) Aktivis pemangku kepentingan : saya akan memberikan informasi dan pelayanan kepada klien dengan baik dan sesuai fakta yang terjadi

4) Ekonomi : saya akan bersikap transparan terhadap laporan keuangan.

5) Persaingan : saya akan bersaing secara sehat dengan tetap mematuhi kode etik sebagai seorang auditor, saya akan menjalankan setiap kewajiban dan akan menjauhi larangan-larangan seorang auditor.

6) Penyimpangan keuangan : dalam bekerja, saya tidak akan melakukan penggelapan dana dan akan melaporkan jika ada penyimpangan.

7) Akuntabilitas : saya akan memberikan data dan informasi yang jelas dan benar kepada klien.

8) Sinergi : saya akan menciptakan kualitas kerja yang baik bagi masyarakat dan klien dengan selalu menumbuhkan perilaku yang positif.

Leave a Reply

