Rubik

Bermain rubik mungkin bagi orang adalah permainan yang sangat sulit, tetapi, kalo kita bisa mempelajarinya secara perlahan, permainan ini bisa dikatakan sangat mudah. Bahkan jika sudah mahir, kita bisa menyusunnya dengan tanpa melihat.

Bentuk rubik itu bermacam-macam, rubik sebenarnya permainan menyusun sebuah balok yang bisa diputar. Disini biasanya setiap balok-balok kecil berbeda warna, dan kita disuruh menyusunnya menjadi kesatuan yang utuh dan menjadi rapih.

Rubik terbagi menjadi 3, yaitu rubik warna, rubik bentuk, dan rubik warna + bentuk. Kalau rubik warna, kita ditugaskan untuk menyatukan atau menyamakan warna-warna agar menjadi satu kesatuan yang utuh. Sebagai contoh saya akan memberikan keterangan warna untuk rubik 3×3, pada rubik 3×3 terdapat  6 sisi yang membentuk suatu kubus.

  • Sisi satu : 9 blok dengan warna putih
  • Sisi dua : 9 blok dengan warna hijau
  • Sisi tiga : 9 blok dengan warna merah
  • Sisi empat : 9 blok dengan warna biru
  • Sisi lima : 9 blok dengan warna orange
  • Sisi enam : 9 blok dengan warna kuning

Pada permainan rubik 3×3 biasanya dari keenam sisi tersebut dibagi-bagi lagi, biasanya rubik diumpamakan adalah sebuah gedung 3 lantai.

Disini warna putih biasanya disebut sebagai lantai dasar. Yang akan menjadi dasar dalam menyusun rubik, warna hijau, merah, orang, bitu menjadi sisi – sisi gedung, dan yang terakhir adalah kuning yang menjadi atap gedung.

Rubik warna memiliki banyak macam. Biasanya berbeda ukuran jumlah lantai dari suatu rubik tersebut. Adapun macam-macamnya sebagai berikut :

  • Rubik 2×2, rubik ini memiliki 4 blok disetiap sisi dan rubik ini memiliki 6 sisi, ini adalah rubik kubus yang terkecil diantara rubik kubus lainnya.
  • Rubik 3×3, rubik ini memiliki 9 blok disetiap sisi dan memiliki 6 sisi, ini adalah rubik yang paling umum dimainkan, karena bentuk, tingkat kesulitan, dan cara memainkannya yang simple menjadikan rubik 3×3 ini paling umum dimainkan oleh orang-orang
  • Rubik 4×4, rubik ini memiliki 16 blok di setiap sisinya dan memiliki 6 sisi, disini tingkat kesulitan lebih tinggi dibanding rubik 3×3
  • Rubik 5×5, rubik ini memiliki 25 blok disetiap sisi sisinya. Ukuranpun sedah lebih besar dan kesulitan bertambah karena sudah memiliki 5 lantai.
  • Rubik 6×6, rubik ini memiliki 36 blok disetiap sisi-sisinya, rubik 6×6 sulit dijumpai karena umumnya yang dijual adalah rubik 2×2 sampai rubik 5×5. Rubik ini memiliki 6 lantai dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.
  • Rubik 7×7, rubik ini memiliki 49 blok di setiap sisinya, memainkan rubik ini sudah harus memiliki ketelitian karena biasanya blok-blok dalam rubik 7×7 memiliki ukuran yang kecil, jadi tidak mudah untuk memainkannya.

Sebenarnya masih banyak lagi rubik warna yang ada, akan tetapi hanya berbeda jumlah lantai dan jumlah bloknya, semakin banyak jumlah blok, permainan rubik ini akan semakin sulit untuk dimainkan, untuk penjelasan lebih jauh akan saya jelaskan di postingan “tutorial rubik 3×3”

Terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s