Rubik Bentuk

Pada postingan sebelumnya saya telah menjelaskan tentang rubik warna dan bagaimana bentuknya. Kali ini, untuk melanjutkannya, saya akan memberikan penjelasan tentang rubik bentuk.

Rubik bentuk adalah salah satu dari jenis rubik yang umum dimainkan, rubik bentuk dalam memainkannya hampir sama dengan rubik warna. Saya ambil contoh yaitu rubik mirror 3×3, sebelumnya saya akan jelaskan apa itu rubik bentuk, rubik bentuk adalah permainan rubik yang cara menyusunnya adalah dari bentuk yang tidak beraturan menjadi suatu bentuk yang teratur, misalnya menjadi sebuah kubus.

Sebenarnya dalam memainkan rubik bentuk tidak jauh berbeda dengan cara memainkan rubik warna. Saya akan mengambil sebuah contoh yaitu rubik warna 3×3 dan rubik mirror 3×3. Dalam memainkannya, rumus yang digunakan sama persis dengan yang digunakan di rubik warna 3×3, hanya saja pada rubik bentuk, disini kita akan dibingungkan dengan bentuknya yang tidak beraturan, padahal ini sama dengan rubik 3×3.

Jika kita sudah mengetahui cara-cara tentang bermain rubik warna 3×3, kita bisa menerapkannya pada rubik mirror, bahkan jika kita sudah hafal bentuk dari rubik mirror, kita bisa menyusunnya dengan tanpa melihat, karena kita bisa meraba dan membedakan bentuknya. Jadi kita bisa lebih mudah memposisikan blok-blok tersebut pada posisi yang sebenarnya.

Belajar rubik memang memusingkan bagi para pemula, tapi cobalah dengan perlahan dan jangan gampang menyerah, karena semakin anda sering memainkannya, dalam menyusunnya bisa tanpa melihat, yang penting anda hafal rumus-rumusnya.

Berikut adalah perbedaan rubik warna 3×3 dengan rubik mirror :

  • Bentuk dalam posisi teracak pada rubik mirror, sedangkan rubik warna bentuknya tetap kubus, akan tetapi warnanya teracak
  • Biasanya rubik bentuk 3×3 hanya terdapat 1 warna, misalnya mirror (menyerupai kaca) sedangkan rubik warna terdiri dari beberapa warna yang berbeda di setiap sisi-sisinya.

Selebihnya rubik bentuk 3×3 dan rubik warna 3×3 hampir sama, yaitu rumus-rumus yang digunakan, bentuk akhir rubik tersebut, dan juga cara menyusunnya.

Sama dengan rubik 3×3 yang telah saya jelaskan, rubik mirror juga diumpamakan sebagai gedung berlantai 3, dan kita akan menyusunnya mulai dari lantai dasar, lantai 2, hingga atap dan lantai 3.

Tingkat kesulitan dari bermain rubik bentuk hampir sama dengan rubik warna, hanya saja factor bentuk yang membedakannya, dan dalam memainkan rubik mirror maupun rubik warna, kita menggunakan rumus dalam pengerjaannya, karena rumus pasti akan digunakan, karena jika rubik dimainkan dengan tanpa rumus, mungkin kita tidak akan bisa menyusunnya secara utuh (semua) . seperti biasa, saya akan melanjutkan postingan saya yaitu bagaimana cara menyusun rubik warna 3×3 dan rubik bentuk 3×3, sebenarnya untuk rubik 4×4 dan seterusnya dalam penyusunannya hanya perlu ditambah modifikasi sedikit, jika kita sudah bisa memainkan rubik warna 3×3, kita akan jauh lebih mengerti bagaimana cara memainkan rubik-rubik lainnya karena memang rubik warna 3×3 adalah dasar dari cara bermain rubik.

Next posting akan saya jelaskan bagaimana cara bermain rubik warna 3×3, dan rumus-rumusnya. Oke terima kasih telah mengunjungi blog saya, terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s