6 air terjun tertinggi di Indonesia – part 2

Melanjutkan tulisan saya “6 air terjun tertinggi di Indonesia part 1”disini akan saya jelaskan 3 urutan selanjutnya. Ketiga air terjun ini tingginya kurang dari 150 meter. Akan tetapi, keindahan air terjun ini tidaklah kalah dari ketiga air terjun teratas. Bahkan air terjun berikut ini tidak biasanya, berbeda dengan air terjun pada umumnya. Berikut akan saya jelaskan 3 air terjun tertinggi selanjutnya :

 

  • Air terjun sipiso-piso (120 m)

 

Air terjun sipiso-piso memiliki ketinggian 120 meter. Air terjun ini sangat unik, berbeda dengan air terjun yang kita kenal pada umumnya. Air Terjun Sipiso-piso, airnya yang mengalir terjun ke bawah bukan dari aliran sungai atau sejenisnya, melainkan dari mata air (air dalam tanah) yang mengalir dan menyembur dari sela-sela bukit atau tebing yang tinggi. Air Terjun Sipiso-piso merupakan sebuah kawasan wisata alam yang terletak di ujung paling barat Danau Toba. Walau terletak di kawasan wisata danau toba. Air terjun ini tidak mengalir dari danau toba, melainkan dari air tanah.

 

  • Air terjun Maromo (100 m)

 

Air terjun maromo memiliki ketinggian 100 meter, air terjun ini merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia. Sejuk ,tentram, indah dan menakjubkan , itulah kesan pertama di kawasan air terjun ini.

Air Terjun Moramo terletak Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara atau tepatnya di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo.

Dari ketinggian 100 meter Air Terjun Moramo mengalir tujuh tingkat utama sehingga termasuk kategori air terjun bertingkat (cascade) yang ter indah. Di samping 7 tingkatan utama tersebut, terdapat juga 60 tingkatan kecil yang tampak seperti kolam kecil tempat peristirahatan air yang mengalir tersebut. dan pada tingkatan terakhir inilah tempat yang sangat sempurna untuk permandian.Sambil mandi ditemani habitat penghuni alam ini yaitu beraneka burung, kupu-kupu yang berwarna-warni, dan berbagai satwa lainnya. yang keindahannya diringi bunyi semilir air terjun , kicauan burung yang bersahutan dan berpadu dengan tarian kupu-kupu beraneka warna-warni.

 

  • Air terjun curug citambur (100 m)

 

Air terjun Citambur, sebuah air terjun yang tingginya sekitar 100 meter di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur Selatan, Jawa Barat. Dikelilingi oleh hutan alami dengan pemandangan yang sangat indah menjadikan air terjun ini merupakan objek wisata yang eksotis. Air terjun ini tergolong sangat alami sebab lokasinya masih sangat hijau. Belum terlalu terjamah oleh manusia. Kealamian daerah sekitar air terjun inipun masih sangat terjaga.

 

Demikianlah 6 air terjun tertinggi di Indonesia yang didominasi oleh ketinggian diatas 100 meter. Tidak hanya menawarkan ketinggian, air terjun tersebut juga menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Maka dari itu, dari pada jauh-jauh berkunjung ke negeri lain. Masih banyak tempat-tempat eksotis di Indonesia yang saying jika dilewatkan karena alam Indonesia sangat kaya.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s