6 air terjun tertinggi di Indonesia – part 1

Indonesia adalah Negara yang kaya akan budaya dan alamnya. Di Indonesia banyak kita temui berbagai kebudayaan yang beragam yang menjadikan Indonesia berwarna. Selain kebudayaan Indonesia yang beragam, alam Indonesia juga tidak kalah istimewa. Banyak pegunungan-pegunungan yang indah. Laut yang indah, pantai yang indah, air terjun yang indah, dan masih banyak lagi keistimewaan Indonesia. Air terjun di Indonesia juga banyak yang tinggi.

Berikut adalah penjelasan mengenai air terjun tertinggi di Indonesia.

Banyak sekali air terjun yang tinggi di Indonesia, akan tetapi untuk memperjelas, penulis akan menjelaskan 5 air terjun tertinggi di Indonesia :

  • Air terjun sigura-gura (250 m)

Air terjun ini adalah air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 250 meter. Hamper 2x lipat monas.

Air Terjun ini terletak sekitar 250 km dari Medan. Airnya dihasilkan oleh sungai Asahan, yakni sungai yang biasa diarungi untuk kegiatan olahraga arung jeram yang berada pada area sepanjang 22 km, mulai dari Desa Tangga atau tepat di depan pintu Bendungan Sigura-gura hingga Bandar Pulau, yang menjadi muara sungai.

  • Air terjun madakaripura (200 m)

ini merupakan air terjun tertinggi kedua di indonesia setelah air terjun sigura-gura. Air terjun madakaripura memiliki ketinggian 200 meter. Lokasinya tidak jauh dari lautan pasir Bromo, hanya sekitar 45 menit ke arah Probolinggo (ke Utara). Namanya adalah air terjun Madakaripura.. Air terjun Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi. Suasana di air terjun sangatlah indah dengan air kehijauan.

  • Air terjun Payakumbuh di Ngarai Harau (150 meter)

Di urutan ketiga ada air terjun payakumbuh yang memiliki ketinggian 150 meter. Air terjun ini sangat indah dengan air yang turun melalui tebing bebatuan. Air terjun ini Terletak di Ngarai Harau, 35 km dari Bukittinggi. Di sela-sela perbukitan dan lembah harau terdapat sebuah jurang yang dalam dan sebuah air terjun yang sangat indah, bahkan kadang dipenuhi oleh sekumpulan kupu-kupu beterbangan, sehingga membuat air terjun ini merupakan kombinasi alam dengan pemandangan yang sangat indah

Untuk 3 air terjun berikutnya akan saya jelaskan di postingan air terjun tertinggi part 2. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s