Tips memelihara ikan Discus

Hobi memelihara ikan hias memang sangat menyenangkan, mulai dari memelihara ikan arwana, ikan koi, ikan louhan dsb. Salah satu ikan yang digemari saat ini adalah ikan discus. Ikan discus populer karena warnanya yang bagus dan bentuknya yang pipih dan lebar. Warnanya yang cerah dan beragam membuat orang tertarik dan menyukainya.

Memilih ikan discus itu tidaklah mudah, berikut tips-tipsnya:

  • Pilihlah ikan discus yang berwarna cerah

Warna kulit yang cerah, tidak berselaput ataupun mengeluarkan lendir yang berlebihan. Warna kulit yang mengkilap/hitam menandakan kondisi discus yang tidak sehat. Garis hitam vertical/stress bar yang sangat menyolok/tegas menandakan discus dalam kondisi stress yang berat.

  • Pilih ikan yang bermata bening dan cerah

Warna mata yang bening, tidak berselaput ataupun berbintik putih. Bola mata yang tidak terlalu mencolok keluar. Mata demikian disebabkan karena kondisi air yang jelek.

  • Tidak takut

Discus yang sehat umumnya tidak takut terhadap manusia yang melihatnya. Discus yang baik dan sehat biasanya akan segera mendekat dengan cepat, mengira akan diberi makan. Selain itu discus yang sehat umumnya tidak menyendiri, tertapi berbaur dengan teman-temannya.

  • Jangan pilih ikan yang berenang tidak wajar

Umumnya discus yang sehat, gaya berenangnya tenang, tidak tersendat-sendat. Discus yang suka menggesekkan bagian tubuhnya ke alat-alat atau benda sekitarnya, umumnya terserang parasit. Hal ini mungkin karena rasa gatal yang ditimbulkan akibat gigitan kutu ataupun jamur/ bakteri pada kulit maupun insang. Discus yang sehat umumnya berenang dengan tenang

Demikian tips-tips dari saya, semoga bisa membantu.

Selamat berhobi-hobi ria.

Terima kasih telah mengunjungi blog saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s