Makanan-makanan khas Indonesia Edisi 2

Indonesia adalah Negara yang sangat kaya akan dunia kulinernya, dari sabang sampai merauke memiliki masakan atau kuliner yang sangat beragam. Berikut akan saya jabarkan makanan-makanan khas dari Indonesia

  • Sumatra barat

Sumatra barat memiliki beragam panganan khas. Contohnya seperti : dendeng balado, sate padang, sate pariaman, cancan, telor balado, soto padang, dan masih banyak lagi.

Kuliner di daerah Sumatra barat ini dikenal memiliki beragam makanan yang pedas.

Dan yang paling terkenal di daerah Sumatra Barat ini adalah “Rending”

Rendang daging adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakan khas dari Sumatra Barat (padang) ini sangat digemari di semua kalangan masyarakat baik itu di Indonesua sendiri bahkan di luar negeri.

  • Sumatra Utara

Seperti halnya daerah Sumatra Barat, Sumatra Utara juga memiliki beragam pangan khas. Seperti : Kwetiau, pangsit, sangsang, lapis legit, pisang molen, soto Medan, Bolu Gulung, dan tentu masih banyak lagi.

Yang terkenal dari daerah Sumatra Utara adalah Bika ambon.

Bika ambon adalah sejenis kue asal Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan coklat.

Asal-muasal bika ambon tidak diketahui dengan jelas. Walaupun namanya mengandung kata “Ambon”, bika ambon justru dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan (Sumatra Utara).

  • Sumatra Selatan

Sumatra Selatan juga tak kalah kaya akan makanannya, karena di daerah ini juga memiliki beragam menu yang tentu menggugah selera kita. Makanan-khasnya adalah ;  nasi lemak , sayur kasam, brengkes, gulai tempoyak, kluntup, ikan salai, sambal kweni, dan masih banyak lagi tentunya.

Panganan yang terkenal di daerah Sumatra Selatan Ini adalah “empek-empek”

Indonesia memang kaya akan dunia kulinernya, jadi, masih banyak lagi kuliner yang belum saya sebutkan, ini hanyalah sebagian kecil makanan khas Indonesia, next akan saya postingkan lagi di edisi ke 3.

Terima kasih telah mengunjungi Blog saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s