Sejarah Singkat Perkembangan Internet

Sejarah Singkat Perkembangan Internet

Sejarah sebuah Internet yaitu Internet pada awalnya adalah sebuah jaringan komputer yang dibentuk oleh departemen pertahanan Amerika di tahun 1969,  Pada saat itu, departemen pertahanan Amerika Serikat (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.

Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

pada saat itu mereka memperkenalkan bagaimana dengan software dan hardware komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP.

Awalnya dibangunnya proyek itu bertujuan untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika.Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja , ketika itu mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah tanpa diduga-duga, dan semua universitas di negaratersebut ingin bergabung karena tertarik dengan teknologi terebut, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya karena pada saat itu banyak sekali yang ingin bergabung.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” yang digunakan untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru  yang lebih kecil yang digunakan untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas dan penelitian lain. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet yang kini kita kenal dan tidak asing lagi bagi kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s