Hidup itu harus melihat keatas atau kebawah?

Kehidupan setiap manusia pastilah berbeda-beda, ada yang terlahir sebagai orang kaya, dan ada pula yang terlahir sebagai orang miskin. Ada yang gemuk, dan ada yang kurus, dan masih banyak lagi perbedaan-perbedaan pada tiap manusia, tapi, apakah kita tau, dimanakah tempat kita yang akan kita jadikan acuan?

Banyak orang menyebutkan hidup itu harus melihat kebawah, jangan melihat ke atas. Pendapat tersebut memang benar, ketika kita sedang diberi kelebihan, kita harus ingat pada orang yang dibawah kita, masih banyak yang masih membutuhkan dibanding kita, dan masih banyak yang lebih berkekurangan dibanding kita, dan kita juga tidak boleh melihat keatas karena kita tidak akan pernah puas.

Pendapat tersebut tadi memang benar, tapi disisi lain, hal yang sebaliknyalah yang benar, contohnya, hidup itu harus melihat keatas bukan kebawah, ini karena dalam hidup, kita juga harus berusaha agar lebih termovasi menjadi lebih baik dari orang yang diatas kita, dan jangan sekali-kali melihat kebawah karena kita akan malas ketika melihat ada orang yang lebih susah dari kita.

Kedua pendapat tersebut bias kita jadikan pedoman kita. Tetapi, kita harus bisa memilih sesuai dengan kondisi kita,untuk  jadi yang terbaik dan berguna bagi orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s