Dasar Pemasaran (usaha perusahaan menghadapi konsumen)

  • Harapan makin tinggi
  • Dampaknya  : Persaingan makin tajam

Dalam kehidupan masyarakat, kini konsumen memiliki banyak keinginan-keinginan yang beragam, kebutuhan pun mulai meningkat, maka dari itu, perusahaan-perusahaan melakukan persaingan yang beragam, mulai dari harga, bentuk, promosi yang menarik dan juga penempatan yang diusahakan agar dapat menyaingi perusahaan lain. Inilah yang menyebabkan persaingan makin tajam.

Sebagai contoh: perusahaan baygon dan hit bersaing untuk mendapatkan konsumen, perusahaan baygon melakukan promosi yang mengandalkan keampuhannya membunuh nyamuk, sedangkan perusahaan hit mengandalkan harganya yang lebih ekonomis dari pada perusahaan baygon, inilah salah satu contoh persaingan perusahaan untuk mendapatkan konsumen. Ini dikarenakan banyaknya permintaan konsumen untuk memperoleh barang yang terbaik.

  • Info makin lengkap
  • Dampaknya : Margin laba makin turun.

Karena factor kemajuan zaman, kini untuk memperoleh informasi sangatlah mudah, seperti yang dijelaskan sebelumnya, perusahaan melakukan persaingan sengit untuk mendapatkan konsumen, dan konsumen akan tahu, barang yang dijual paling murah, karena konsumen banyak memilih harga yang lebih ekonomis, ini menyebabkan perusahaan berlomba-lomba menurunkan laba mereka demi menekan harga jual suatu produksi. Ini menyebabkan margin laba menurun.

  • Sensitive terhadap harga meningkat
  • Dampaknya : Trend kekuatan informasi meningkat

Konsumen kini sangat mencari-cari  produk yang lebih ekonomis, terutama harga, karena konsumen berusaha memperoleh produk yang ekonomis dan tidak suka produk yang tergolong mahal, ini menyebabkan perusahaan giat memberikan informasi-informasi tentang produk yang lebih ekonomis, ada yang menginformasikan lewat media cetak, maupun media elektronik, maka dari itu, perusahaan giat memberikan informasi, dan konsumen giat mencari informasi, inilah yang menyebabkan trend informasi meningkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s