Definisi macam-macam jaringan

  • LAN

LAN atau Local Area Network adalah sebuah jaringan computer yang jaringannya sempit, seperti kampus, sekolah, warnet atau kantor. Wi-fi juga sering digunakan untuk membentuk jaringan LAN. Hotspot adalah tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi.

  • Wireles

Wireless network atau jaringan nework adalah sekumpulan computer atau kumpulan computer yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya sehingga membentuk sebuah jaringan computer dengan menggunakan media gelombang sebagai media datanya.

Jaringan ini hamper sama dengan LAN karena sama sama satu jaringan internet, yang membedakan antara keduannya adalah media datanya , kalau di LAN, medianya masih menggunakan kabel data, sedangkan wireless sudah menggunakan gelombang radio.

  • WAN

WAN atau World Area Network adalah jaringan computer yang mencakup wilayah besar, tidak seperti LAN yang hanya wilayah kecil.

Jaringan WAN biasa digunakan sebagai jaringan computer antar wilayah, antar kota, bahkan antar negara.

  • Intranet

Intranet adalah sebuah jaringan computer seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet . Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan lainnya melalui sambungan Internet.

  • Ekstranet

Jika sebuah badan usaha/bisnis/institusi mengekspose sebagian dari internal jaringannya ke komunitas di luar, hal ini disebut Ekstranet.

Dengan kata lain sebuah jaringan intranet, jika dikeluarkan ke public atau dipublikasikan akan menjadi jaringan ekstranet.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s