Fungsi-Fungsi Pemasaran

Fungsi-fungsi pemasaran adalah :

  • Pembelian
  • Penjualan
  • Pengiriman
  • Penyimpanan
  • Standarisasi
  • Klasifikasi
  • Pembungkusan
  • Penanggungan resiko
  • Pendanaan
  • Pengendalian informasi pemasaran (periklanan)

Jadi, setiap pemasar akan membutuhkan semua atau seluruh kegiatan tersebut.

  • Contoh produk : Tolak angin

-          Pembelian : Produsen akan mencari target pembeli / konsumen yang besar, karena jika pembelian sukses, produsen tolak angin tersebut akan mendapatkan laba yang besar.

-          Penjualan : Ini adalah proses yang harus benar-benar diperhatikan, karena keberhasilan suatu perusahaan itu tergantung dari system penjualannya, jika penjualannya baik, maka perusahaan tersebut akan maju

-          Pengiriman : proses ini memerlukan banyak biaya yang akan menjadi beban suatu penjualan, perusahaan tolak angin pun melakukan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dan mancanegara

-          Standarisasi : produk tolak angin telah melalui proses yang baik dan pabriknya pun higienis, dan ini menjadikan produk tolak angin telah terstandarisasi.

-          Pembungkusan : karena telah melaui proses yg baik dan terstandarisasi, ini karena hasil dari kemasan tolak angin yang menarik dan bersih. Ini adalah sebagai bentuk penarik minat konsumen agar penjualannyapun baik.

-          Pengendalian informasi pemasaran (periklanan) : iklan tolak angin telah dilakukan melalui media- media elektronik maupun media cetak. Ini adalah bukti kesuksesan produsen tolak angin dalam memasarkan produknya agar dikenal oleh semua konsumen di seluruh negeri.

Faktor Internal Eksternal

Interaksi antara lingkungan Internal dan lingkungan eksternal pemasaran merupakan bagian dari tujuan dan strategi pemasaran.

Analisis terhadap lingkungan eksternal dapat menjelaskan adanya peluang dan ancaman bagi organisasi perusahaan. Analisis terhadap lingkungan internal dapat memperlihatkan kekuatan dan kelemahan organisasi.

  • Contoh Produk : tolak angin

-Eksternal.

Peluang bisnis obat herbal ini memang cukup potensial di Indonesia yang memiliki iklim hujan yang akan menyebabkan konsumen memerlukan produk tolak angin agar tidak masuk angin. Akan tetapi, produk tolak angin pun memiliki saingan lain yaitu Antangin yang akan menjadi ancaman Produk tolak angin

-Internal.

Kekuatan pemasan produk ini sangat baik, karena telah melalui beberapa media agar pemasaran dapat berlangsung secara maksimal

Pasar

Pasar adalah kelompok individu (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.

Perilaku pasar konsumen adalah kelompok individual (perorangan maupun rumah-tangga) yang membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluarganya, tidak untuk maksud lain.

  • Contoh :

Perusahaan Tolak angin melakukan promosi melalui media elektronik seperti : televise dan radio. Dan juga melalui media cetak : selebaran atau spanduk-spanduk yang mengiklankan tentang produk yang mereka pasarkan. Ini demi menarik minat konsumen agar tingkat konsumen lebih meningkat sehingga perusahaan tersebut akan mendapatkan laba yang maksimal

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s