Definisi pasar dan pemasaran

Kata Pengantar

Puji serta syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Definisi pasar dan pemasaran”. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Dasar pemasaran.

Makalah yang saya buat ini masih sangat jauh dari sempurna, oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.

Semoga makalah ini memberi informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Amin.

i

DAFTAR ISI

Kata Pengantar…………………………………………………………i

Daftar isi………………………………………………………………..ii

BAB 1

Pendahuluan………..…………………………………………………..iii

Tujuan…………………….……………………………………………iii

Metode Penulisan…………..…………………………………………..iii

BAB II

Pembahasan…………………………..…………………………………1

BAB III

Penutup………………………………..…………………………………3

Kesimpulan……………………………..……………………………….3

ii

BAB  I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Pasar adalah suatu tempat yang pasti berada sekitar kita, dan disitulah salah satu proses terjadinya perdagangan, akan tetapi banyak orang yang kurang mengerti arti atau definisi pasar dan pemasaran dalam kehidupan kita.

Tujuan

Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan kita tentang definisi pasar dan pemasaran, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Metode Penulisan

Dalam hal ini penulis mempergunakan jaringan internet sebagai bahan referensi penulisan makalah ini.

iii

BAB II

PEMBAHASAN

Pasar

Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dan terjadinya transaksi.

Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah suatu kesepakatan dalam kegiatan jual-beli.

Syarat terjadinya transaksi adalah adanya barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.

Jenis-Jenis Pasar

Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya :

Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu :

1)    Pasar nyata

2)    Pasar tidak nyata(abstrak).

  • Pasar Nyata.

Pasar nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli.

Contoh : pasar tradisional dan pasar swalayan.

  • Pasar Abstrak.

Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh : pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.

1

Jenis pasar menurut cara transaksinya :

Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.

  • Pasar Tradisional

Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.

  • Pasar Modern

Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.

Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya :

Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.

Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi :

Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:

  • Pasar Lokal
  • Pasar Daerah
  • Pasar Nasional dan
  • Pasar Internasional

2

Pemasaran

Pemasaran adalah pelaksanaan atau proses kegiatan usaha perdagangan yang mencakup barang dan jasa dan dialirkan dari produsen ke konsumen

BAB III

PENUTUP

Penutup

Demikian makalah saya tentang definisi pasar dan pemasaran, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan sebagai peningkatan ilmu pengetahuan kita.

Kesimpulan

Jadi pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dimana disana juga terdapat proses transaksi. Dan pemasaran adalah kegitan atau usaha perdagangan yang berjalan dari produsen ke konsumen.

3

About these ads

2 thoughts on “Definisi pasar dan pemasaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s